Selasa, 09 Maret 2010

Pelatihan Pembenihan Ikan Laut Ekonomis di BBL Batam

Pada Tabggal 28 Februari - 6 Maret 2010 Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karimun telah mengirimkan peserta pelatihan pembenihan ikan laut ekonomis yang dilaksanakan oleh Balai Budidaya Laut (BBL) Batam sebanyak 5 orang. Adapun nama-nam peserta sebagai berikut :
1. Syaiful Bahri, S.St.Pi
2. Syamsurizal, S.Pi
3. Rosli, S.Pi
4. M. Yusri, A.Md
5. Dedy Risdianto


Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari Kabupaten Karimun sebanyak 5 orang, Kabupaten Bintan 5 orang, Kota Tanjung Pinang 4 Orang, Kota Batam 2 orang. Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karimun mengikuti pelatihan pembenihan ikan laut Ekonomis di Balai Budidaya Laut Batam untuk menunjang program yang akan dilaksanakan di Dinas Kelautan dan Perikanan, selain itu juga untuk menambah pengetahuan peserta pelatihan tentang tata cara pembenihan ikan laut tersebut.
Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama enam hari, dimana para peserta diberi berbagai macam materi yang berhubungan dengan pembenihan ikan laut ekonomis. Adapun materi-materi yang disampaikan oleh instruktur/pembicara adalah sebagai berikut : Peluang dan prospek pembenihan ikan laut, Biologi ikan dan pemilihan lokasi, manajemen induk, sarana prasarana dan instalasi hatchery, teknologi pakan alami, manajemen pemeliharaan larva dan CPIB, panen dan pengangkutan, penanggulangan hama dan penyakit ikan, analisa usaha HSRT. Kegiatan ini ditindaklanjuti dengan praktek langsung kelapangn, baik itu melihat langsung maupun melakukan cara pembenihan tersebut.
Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para peserta nantinya bisa menerapkanilmu yang diperolehnya pada saat pelatihan untuk dikembangkan dimasing-masing Kabupaten khususnya Kabupaten Karimun. Kabupaten Karimun merupakan salah satu Kabupaten yang mempunyai potensi yang sangat besar khususnya disektor Perikanan, baik tangkap, budidaya maupun pengolahan. dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun, yang telah ditunjuk sebagai sentra perikanan di Kabupaten Karimun yaitu Kecamatan Moro. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan SDM dibidang Kelautan dan Perikanan  sesuai dengan Azam Kabupaten Karimun dan Visi & Misi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karimun.

Tidak ada komentar:

Selamat Datang

Selamat Datang di Blog Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karimun.