Selasa, 09 Maret 2010

Profil UPTD Meral

Kantor Unit Pelakasana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kelautan dan Perikanan Kecamatan Meral berdiri sejak bulan Februari tahun 2006 silam dan beralamat di Jl. Taman Puri Baran II Kelurahan Baran Kecamatan Meral Kabupaten Karimun. Dalam kinerjanya sebagai ujung tombak dilapangan dan langsung berhubungan dengan masyarakat nelayan, UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan Kecamatan Meral, menaungi tiga daerah yaitu terdiri atas Kecamatan Meral, Kecamatan Karimun dan Kecamatan Tebing.


Dalam pelaksaaan setiap kegiatan atau program kegiatan kerja, UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan Kecamatan Meral harus melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karimun.
UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan Kecamatan Meral beranggotakan 4 (empat) orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta didukung oleh 3 (tiga) orang tenaga Penyuluh Perikanan Lapangan (PPL) yang bertugas di masing-masing kecamatan yang merupakan daerah binaan UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan Kecamatan Meral.
Dalam kenerjanya sampai sekarang ini, UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan Kecamatan Meral sudah melakukan pembinaan terhadap para nelayan, pembudidaya dan pengolah hasil perikanan dengan salah satu cara melakukan pendataan dan pembentukan kelompok guna mempermudah monitoring dan pembinaan.
Berdasarkan pendataan jumlah nelayan tangkap yang didata oleh pihak UPTD Dinas Perikanan dan Kelautan Kecamatan Meral, jumlah nelayan tangkap yang ada di tiga kecamatan ini totalnya berjumlah 2.828 orang nelayan. Dengan perincian nelayan untuk Kecamatan Meral berjumlah 1588 orang, Kecamatan Karimun berjumlah 831 orang serta Kecamatan Tebing berjumlah 459 orang dengan total armada alat tangkap 1.178 yang terdiri atas sampan dan kapal motor tempel sebanyak 657 unit dan sisanya 521 unit kapal motor (pompong-red).
Untuk program kerja yang telah dilaksanakan pada Tahun 2009 lalu, yaitu telah merealisasikan bantuan berupa pemberian bantuan rumput laut, alat penangkapan ikan seperti jaring tansi, jaring udang, bubu dan sampan, serta sudah juga menyalurkan bantuan bibit ikan seperti ikan Lele dan ikan Mas ke para petani pembudidaya ikan.
Selain bantuan diatas pihak UPTD juga sudah menyalurkan bantuan dari pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karimun berupa alat pengolahan hasil perikanan kepada kelompok pengolah di daerah ini.
Adapun maksud dan tujuan pembinaan dan bantuan yang diberikan Kepada masyarakat didaerah ini khususnya dibawah wilayah kerja UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan Kecamatan Meral ini, agar para nelayan, pembudidaya perikanan dan kelompok pengolahan bisa memanfaatkan bantuan tersebut untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya. Yang mana ini sesuai dengan salah satu Azam Kabupaten Karimun yakni Azam Ekonomi Kerakyatan.
Susunan Pegawai dan Penyuluh Perikanan Lapangan (PPL) di UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan Kecamatan Meral :
1. SAMSUARDI, S. Pi
2. KADARIAH, S. Sos
3. JECK SEBASTIANUS, S. Pi
4. SYAIFUL
5. GUSNARTI, S. Pi
6. ROSEILLY, S. Pi
7. RESTU MARIZA, S. Pi
Demikian sekilas pandang tentang Profil UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan Kecamatan Meral Karimun.

Tidak ada komentar:

Selamat Datang

Selamat Datang di Blog Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karimun.