Rabu, 27 Januari 2010

Visi dan Misi DKP Kabupaten Karimun

Visi :

”Menjadikan Kelautan dan Perikanan sebagai Basis Ekonomi”

Dengan pernyataan visinya, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karimun berusaha agar Usaha Perikanan dapat diandalkan sebagai sumber ekonomi utama untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Karimun dimana sebagian besar wilayahnya merupakan wilayah perairan.


Misi :

1. Peningkatan Sumber Daya Manusia pelaku perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan melalui pernyataan misi pertamanya berusaha membantu masyarakat terutama pelaku perikanan dalam meningkatkan motivasi, pengetahuan dan skillnya dengan memberikan pelatihan dan melakukan penyuluhan yang berkaitan dengan pengembangan usaha di bidang perikanan.

2. Peningkatan Sarana dan Prasarana serta pengembangan usaha budidaya perikanan

Dalam pernyataan misi keduanya, Dinas Kelautan dan Perikanan membantu masyarakat pelaku perikanan terutama petani ikan dan nelayan untuk mendapatkan bantuan modal berupa pinjaman lunak; membangun fasilitas penyelenggaraan kegiatan perikanan; memberikanan bantuan fasilitas untuk penangkapan berupa alat tangkap dan pengangkutan ikan berupa tempat penyimpanan ikan dan kapal pengangkut ; membangun fasilitas Budidaya Perikanan berupa sarana Budidaya Air Payau, Budidaya Air Laut dan Air Tawar.

Dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan terus melakukan pembinaan, membimbing dan mengarahkan petani ikan dalam usaha memelihara, membesarkan dan atau membiakkan ikan dan memanen hasilnya dengan alat atau cara yang benar untuk tujuan komersil.

3. Menegakkan supremasi hukum melalui peningkatan pengawasan Kelautan dan Perikanan

Pengawasan adalah tindakan untuk mengawasi dan memastikan penyelenggaraan suatu kegiatan. Pengawasan dibidang Kelautan dan Perikanan menyangkut pengawasan dalam usaha perikanan dan perizinan, serta penegakan hukum atas pelanggaran – pelanggaran dalam penyelenggaran kegiatan Kelautan dan Perikanan.

4. Mengembangkan produk Kelautan dan Perikanan melalui pola kemitraan

Diharapkan produk – produk Kelautan dan Perikanan yang dihasilkan mampu mengembangkan produk Kelautan dan Perikanan menjadi produk unggulan dan berorientasi pasar melalui pola kemitraan. Dalam hal ini tidak terlepas dari kerjasama antara petani ikan dan nelayan dengan investor serta campur tangan pemerintah setempat.


Tidak ada komentar:

Selamat Datang

Selamat Datang di Blog Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karimun.